Selamat Datang di Blog Saya - Semoga Artikel yang Saya Postingkan Bermanfaat bagi semua

Jumat, 25 April 2014

Dari HOBI menjadi HOKI

Hobi adalah suatu kegiatan yang disenangi yang dilakukan setiap hari atau di waktu luang. Hobi bukan hanya bisa memberikan kesenangan, namun bisa mendatangkan peluang usaha untuk tambahan penghasilan jika kita pandai memanfaatkannya. Bisnis merupakan hasil kecintaan kita terhadap sesuatu.  Bisnis tidak harus dimulai dari sesuatu yang besar. Pada mulanya hanya sebuah hobi, namun tanpa di sangka ternyata bisa mendatangkan keuntungan rutin setiap bulannya. Syaratnya anda harus tekun, disiplin dan konsisten dalam melakukan bisnis yang berasal dari hobi anda dan bukan mustahil jika pada akhirnya penghasilan dari hobi ini setiap bulannya  melebihi dari penghasilan anda saat  ini. Contoh peluang bisnis dari hobi :
-          Hobi memasak, peluang bisnis yang sesuai adalah bisnis kuliner, membuka warung makan, bisnis catering dll.
-          Hobi menjahit, peluang bisnis yang sesuai adalah bisnis usaha penjahit, membuka toko pakaian, butik, online shop dll.
-          Hobi otomotif, peluang usaha yang sesuai adalah membuka bengkel, toko jual beli spare part kendaraan dll.
-          Hobi elektronik, peluang bisnis yang sesuai adalah membuka jasa servis barang – barang elektronik, perakitan dan perbaikan, atau bahkan membuat suatu produk elektronik dll.
-          Hobi melukis, peluang usaha yang sesuai adalah pembuatan kaligrafi, jasa lukis dll.
-          Hobi membaca, juga ada peluang bisnisnya, yaitu kita bisa mendirikan sebuah perpustakaan buku dengan berbagai jenis buku, bisnis sewa buku, jual beli buku bekas, toko buku online, atau bahkan bisa mendirikan percetakan buku sendiri dll.
Banyak sekali para pemula yang serius berburu berbagai bacaan dan buku yang mengupas tentang tips mengubah hobi menjadi peluang bisnis. Apalagi dengan semakin terbukanya era informasi, maka materi seperti itu dengan mudahnya kita dapatkan di internet. Berikut ini beberapa tips mengubah hobi menjadi peluang bisnis : 
1. Jadilah pemimpi. 
Janganlah takut menjadi seorang pemimpi karena mimpi adalah awal dari suksesnya seseorang. Mimpi juga merupakan visi.
2. Buatlah Rencana secara bertahap. 
Untuk memulai usaha dari hobi, Mulailah membuat rencana yang bertahap. Buatlah perencanaan dari nol, pada saat akan memulai usaha. 
3. Buatlah Anggaran. 
Jika usaha sudah berjalan, buatlah anggaran pengeluaran dan pemasukan dengan baik. Dengan membuat anggaran yang tepat, kesalahan yang muncul akan bisa dicari penyebabnya, dan dapat segera diperbaiki.
4. Susunlah Berbagai Rencana. 
Janganlah hanya memiliki satu rencana saja. Buat juga rencana backup. Misalnya, setelah membuka sebuah rumah makan tapi sepi pembeli, mulailah berpikir kreatif dan jalankan rencana backup anda. Jangan menunggu keberuntungan datang, tapi harus menjemput bola dan tawarkan kemudahan lain. Misalnya, memberi pelayanan delivery service. 
5. Berbagilah. 
Jangan pelit kalau sudah punya berjuta ilmu dan banyak pengalaman.  Ilmu itu tidak akan hilang karena dibagi, kita tidak akan miskin karena berbagi.
6. Bersilaturahmi. 
Bersilaturahmi itu memperluas rejeki dan memperpanjang umur. Dengan bersilaturahmi, maka pikiran kita akan terbuka, ilmu dan pengalaman pun ikut bertambah karena kita berinteraksi dan bergaul dengan banyak orang.  
7. Meluruskan niat dan berdoa. 
Nah inilah yang tidak boleh kita lupakan, karena semua kesuksesan kita pastilah ditentukan oleh Allah.

Membuat usaha dari hobi adalah hal yang menyenangkan. Namun, dalam praktiknya ini tidaklah mudah. Intinya, Jangan takut gagal ketika baru saja memulai USAHA. Yang penting percaya diri, dan teruslah bermimpi.!! Hal penting lainnya adalah memiliki pengetahuan bagaimana memasarkan bisnis Anda baik secara offline maupun online. Karena tanpa marketing yang tepat, tidak ada orang yang akan membeli produk Anda.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Leobardus Ari Nugroho